Kamis, 24 November 2011

Metode Eksperimen

Menurut KBBI eksperimen adalah: percobaan yang bersistem dan berencana (untuk membuktikan kebenaran suatu teori dsb). Metode eksperimen adalah metode pemberian kesempatan kepada anak didik perorangan atau kelompok, untuk dilatih melakukan suatu proses atau percobaan (Syaiful Bahri Djamarah, 2000). Menurut Roestiyah (2001:80), metode eksperimen adalah suatu cara mengajar, di mana siswa melakukan suatu percobaan tentang sesuatu hal, mengamati prosesnya serta menuliskan hasil percobaannya, kemudian hasil pengamatan itu disampaikan ke kelas dan dievaluasi oleh guru.

Dari defenisi di atas dapa disimpulkan bahwa metode eksperimen merupakan metode pembelajaran yang
dalam pembahasan dan penyajian materinya dilakukan melalui percobaan. Melalui metode ini guru atau siswa mencoba mengerjakan sesuatu serta mengamati proses dan hasil proses itu dengan menggunakan alat-alat praktikum agar siswa mendapat kesempatan untuk mengalami sendiri atau melakukan sendiri.

Setiap kegiatan eksperimen harus dilakukan secara sistemik dan sistematis dimulai dari perencanaan, persiapan, pelaksanaan, kajian hasil, dan laporan. Metode eksperimen dapat dilakukan secara perorangan atau kelompok di dalam kelas, di luar kelas, atau di laboratorium. Dalam pelaksanaannya, metode eksperimen biasanya digunakan secara bersamaan dengan metode demonstrasi.

Karakteristik metode eksperimen

Menuntut adanya peralatan/alat bantu percobaan
Mengutamakan aktivitas siswa
Guru cenderung lebih banyak sebagai pembimbing dan fasilisator
Siswa memperoleh kemampuan sikap ilmiah


Kemampuan yang harus dimiliki guru dan siswa agar metode eksperimen berhasil dengan baik.
Kemampuan guru:

Mampu mengelola kelas dengan baik
Mampu menciptakan kondisi pembelajaran eksperimen secara efektif
Mampu membimbing siswa mulai dari perencanaan hingga laporan
Menguasai konsep yang dieksperimenkan
Mampu memberikan penilaian proses.


Kemampuan siswa:

Memiliki perhatian, minat belajar , dan motivasi
Mampu melakukan eksperimen
Memiliki sikap tekun dan ketelitian yang tinggi
Mampu membuat laporan eksperimen


Keunggulan metode eksperimen:

Mendorong rasa keingintahuan siswa
Siswa terbiasa bekerja secara mandiri atau kelompok
Siswa lebih percaya atas kebenaran atau kesimpulan berdasarkan percobaannya
Membina siswa untuk membuat terobosan-terobosan dengan penemuan baru
Melatih siswa bekerja ilmiah.


Kelemahan metode eksperimen:

Lebih sesuai untuk mata pelajaran sains
Memerlukan peralatan/bahan dan biaya
Menuntut ketelitian, keuletan dan ketabahan
Setiap percobaan tidak selalu memberikan hasil yang diharapkan
Memerlukan waktu yang relatif lama
Hanya sedikit sekolah yang memiliki fasilitas eksperimen
Banyak guru dan siswa yang belum terbiasa dengan metode ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar